Cara Meningkatkan PD

Sering kali kita merasa minder atau tidak yakin akan kemampuan diri ketika harus berbicara di depan orang banyak atau presentasi, atau minder sebelum melakukan tes wawancara ketika melamar pekerjaan. Hati- hati, bisa jadi Anda terkena penyakit ‘kurang percaya diri’. Hal ini mucul setiap saat, tidak hanya saat wawancara kerja saja, bahkan ketika bertemu dengan teman lama yang jauh lebih sukses Anda merasa minder berbicara dengannya.

Banyak hal yang membuat diri kita menjadi kurang percaya diri, antara lain adalah prasangka awal. Kita sering menduga-duga dan membuat prasangka awal terhadap sesuatu atau seseorang. Misalnya ketika bertemu dengan lawan bicara yang level jabatannya lebih tinggi, sebagai manusia normal Anda sering berpikir cepat bahwa dia itu lebih hebat dari Anda, bisa dilihat dari tampilannya dan gaya bicaranya. Tapi apa benar dia lebih hebat dari Anda? Bisa jadi Anda lebih hebat darinya. Bisa jadi jabatannya yang tinggi itu dia dapat dari warisan orang tuanya. Bisa jadi hidupnya tidak sebahagia Anda.

Lalu bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri:
1. Berpikirlah positif
Buatlah prasangka awal yang baik akan sesuatu atau seseorang. Karena jika dimulai dengan pikiran positif maka hasilnya pun akan positif. Ketika Anda sudah membuat prasangka negatif akan sesuatu atau seseorang, maka hal itu yang akan tertanam dalam pikiran Anda dalam jangka waktu yang lama.

2. Postur tubuh sempurna
Berdirilah dengan tegak dan jangan menunduk. Dengan postur tubuh yang baik maka akan membuat Anda lebih percaya diri. Tidak hanya saat berdiri, tetapi saat duduk pun usahakan pada sikap sempurna. Tunjukkan pada sekeliling bahwa Anda percaya diri.

3. Munculkan kembali pencapaian Anda
Saat merasa down dan tidak percaya diri, segera ingat kembali pencapaian-pencapaian Anda dalam hidup. Ingat kembali bagaimana Anda berhasil masuk di universitas unggulan, mendapatkan nilai yang memuaskan, berhasil menyelesaikan tugas dan mendapat pujian, atau bahkan berhasil menyenangkan hati orang tua sekalipun dapat memacu energi positif dalam diri Anda dan membuat lebih percaya diri.

4. Nilai lah diri Anda dengan baik
Tidak ada manusia yang sempurna. Anda memang bukan seorang yang sangat terkenal atau pemilik perusahaan multinasional, tetapi Anda memiliki nilai lain yang mungkin jauh lebih tinggi dari siapapun. Jika Anda seseorang yang jujur, maka berikanlah nilai “A” pada poin kejujuran dalam rapor Anda. Anda seseorang yang tangguh dalam mencari nafkah, maka berikanlah nilai “A” pada poin ketangguhan dalam rapor Anda. Buatlah nilai-nilai yang baik untuk diri Anda sendiri.
Mulai sekarang tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan sedikit tips di atas, tetapi tetap dalam batasnya dan tidak merugikan orang lain. Buatlah diri Anda mampu karena Anda diciptakan untuk berhasil!

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s